PERAN ARSIP DALAM MENDUKUNG AKREDITASI PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS TIMOR

Penulis

  • Agustinus Klau Nahak publikasi individual

DOI:

https://doi.org/10.58290/jmbo.v1i2.57

Kata Kunci:

Peran Arsip, Akreditasi, Program Studi

Abstrak

Kearsipan merupakan suatu rekaman kegiatan dalam berbagai media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dirancang oleh suatu organisasi pemerintah maupun swasta agar segala dokumen kegiatan terarsip dengan baik, terpelihara, terjaga kerahasian, menghemat waku dan tenaga, menyelamatkan pertanggungjawaban dalam organisasi dalam menunjang kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Permasalahan dari pengarsipan yang tidak sesuai prosedur adalah dokumen tidak teratur dan tidak aman serta sulit diperoleh ketika dibutuhkan untuk kepentingan akreditasi oleh organisasi selain itu juga sulit untuk dapat dipertanggungjawabkan dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian untuk menerapkan model yang sesuai standar dalam pola pengarsipan yang berstandar dalam mendukung akreditasi program studi di Universitas Timor. Metode yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif atau observasi lingkungan kerja terhadap kebijakan dan model pengarsipan yang diterapkan di Fakultas dan program studi dalam mendukung akreditasi. Kearsipan mempunyai peranan sebagai ingatan, sumber informasi serta alat pengawasan yang sangat diperlukan setiap organisasi kantor-kantor, lembaga-lembaga negara, badan pemerintahan dan perguruan tinggi negeri maupiun swasta. Pentingnya pengadaan sarana dan prasarana dan pembentukan Lembaga/unit Kearsipam Perguruan timggi sesuai amanat perundang-undangan Nomor 43 Tahun 2009. Pentingnya pengadaan sarana dan prasarana yang adalah salah satu faktor pendukung pengelolahan arsip yang benar dan teratur, Lembaga/unit kearsipan perguruan tinggi negeri wajib melaksanakan pengelolaan arsip dinamis, dan arsip statis dari satuan kerja pada rektorat, fakultas, prodi, civitas akademika, dan unit lainnya di lingkungan perguruan tinggi negeri.

Referensi

Azmi. “Signifikansi Empat Instrumen Pokok Pengelolaan Arsip Dinamis.” Jurnal Kearsipan Anri, 2019.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan,” Pub. L No.43 sec. BAB III Pasal 6 Ayat 4 (2009), sec. BAB III Pasal 6 ayat 4.

UU No 12. “UU No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.” Republik Indonesia, no. May 2014 (2012)

Ulber silalahi metode penelitian sosial 2010 bandung.

Permenpan-RB Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional Badan arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Pasal 5 Ayat (2) PERKA Nomor 11 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Jasa Kearsipan

Riasmiati, Anna. “Manajemen Kearsipan.” Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan 9, no. 3 (2016). https://doi.org/10.22146/khazanah.22880.

Zaenuddin. “Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Di Indonesia: Bentuk, Tugas Dan Kelengkapannya.” Jurnal Kearsipan ANRI 8, no. 1 (2013): 39.

Unduhan

Diterbitkan

17-01-2023

Cara Mengutip

Nahak, A. K. (2023). PERAN ARSIP DALAM MENDUKUNG AKREDITASI PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS TIMOR. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi, 1(2), 310–318. https://doi.org/10.58290/jmbo.v1i2.57