Pengaruh Media Game kahoot Terhadap Prestasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Wira Buana

Penulis

  • Nadia Andaresta Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Chientya Annisa Rahman Putrie Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Hafifi Hafifi Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58290/snej.v2i3.300

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Game kahoot terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan di Smk Wira Buana. Untuk memperoleh data digunakan instrumen Variabel Game Kahoot dalam bentuk Skala Likert dan Prestasi Belajar menggunakan nilai raport.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data diperoleh sampel dengan jumlah responden 30 siswa Smk Wira Buana.  Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 29.

Belrdasarkan hasil oultpult ulji linelaritas yang dilakulkan melnggulnakan SPSS 29, data diatas melnulnjulkan nilai signifikansi Delviation from Linelarity selbelsar 0,363 > 0,05 selrta nilai Fhitulng yang telrdapat pada Delviation from Linelarity selbelsar 1,188 dan nilai Ftabell selbelsar 1,835 (Nilai Ftabell didapat dari df 11 ; 30 delngan signifikansi 0,05 maka ditelmulkan Ftabell selbelsar 1,835) karelna 1,188 < 1,835 maka disimpullkan bahwa telrdapat hulbulngan linelar antara variabell Gamel Kahoot (X) telrhadap variabell Prelstasi Bellajar (Y) adalah linelar.

Belrdasarkan hasil ULji T dipelrolelh nilai signifikansi = 0,01 lelbih kelcil dari 0,05, karelna signifikasi lelbih kelcil dari 0,05 maka dapat disimpullkan artinya selcara parsial meltodel gamel kahoot belrpelngarulh signifikan telrhadap prelstasi siswa (Y).

Hasil ulji signifikansi koelfelsieln deltelrminasi dipelrolelh dari tabell diatas dapat dilihat bahwa Adjulsteld R Sqularel (koelfisieln deltelrminasi) selbelsar 0,991 artinya pelngarulh variabell gamel kahoot (X) telrhadap prelstasi bellajar (Y) selbelsar 99,1%.

Referensi

Djamarah (2005: 226). Hubungan Minat Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Semester Ii Prodi Keperawatan Poltekkes Rs Dr, Soepraoen Malang

Rosyid Moh. Zaiful, dkk. (2019:9). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa

Sumadi Suryabrata (2014: 233). Pengaruh Metode Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kab. Kudus

Siti Maesaroh (sebagaimana dikutip dalam Muarrofatin, 2021: 268). Pengertian, A., & Belajar, P. (n.d.). TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Kajian Teori 2.1.1 Prestasi Belajar. Diakses dari http://repositori.unsil.ac.id/638/6/13.%20BAB%202.pdf

Hamdani dalam Istarani (2016: 35 ). Analisis Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Menurut Helmawati (2018:36). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya

Susanti (2019: 32–33). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Palopo

Istarani (2016:39). Model pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Slamelto (2015:54). Belajar dan Faktor-Faktor Yg Mempengaruhinya. Jakaerta: PT, Rineka Cipta

Helrlmawati (2018: 37). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmadi 2017, p. 295. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Kuswanto dan Suyadi 2020. Strategi Pembelajaran Perkembangan Kognitif Untuk Anak Usia 4-6 Tahun: Analisis Bibliometrik

Thomas (2018: 168). Teknologi WtE Berbasis Proses Biologi Landfill Gas. Bandung : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Pranoto & M. Hidayat, 2023: 15. Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=zK-tEAAAQBAJ

Dr. Abduloh dkk, 2022: 4. Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Juandi & Sontani, 2017. Keterampilan dan kreativitas mengajar guru sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 130.

Zainal Arifin (2013: 12–13). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ___________. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Akhiruddin et al., 2019: 12, Belajar dan Pembelajaran. Makassar : CV Cahaya Bintang Gemerlang

Aini, 2018:251. Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips

Samudra (2020:34–35). Penerapan Model Game Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Di Kelas Viiib Mts Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Irwan dkk., 2019: 96. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA

Winatha, 2011:200). Penerapan Model Game Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Di Kelas Viiib Mts Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Kustiawan, A.A, 2019 : 2. Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Hasil Belas Siswa Kelas Tinggi SDN 26 Watang Palakka

Wibawa, 2021: 20. Implementasi platform digital sebagai media pembelajaran daring Di mi muhammadiyah pk kartasura pada masa pandemi COVID-19. Berajah Journal, 1(2), 76- 84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15

Rosarian Et Al., 2020: 151. Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher's Efforts In Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]

Palevi et al., 2020: 8. Ruang Kelas Virtual: Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Permainan Online Hago. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) : Vol. 6, No. 1, 2020, pp. 7-13. DOI: https://doi.org/10.29210/02019410.

Syofnida, 2015:159. Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah As-Sa’adah Lampah Melalui Pembelajaran Online Di Masa Pandemi

Putro (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ayuningtyas, 2021:30-31. Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Institut Indonesia Semarang.

Zaky Farid Luthfi dan Atri Waldi (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Suharbayu (2017:5). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Keberanian Menanggung Risiko dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan Tahun 2014. Simki-Economic Vol. 01 No. 02 Tahun 2017 ISSN: BBBB-BBBB.

Adnyana dan Purnami (2016:1169). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha. EJurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2). Diambil dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/16350/12318.

Rosyanti dan Irianto (2019:588). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Ecogen, 2(3), 587–595

Shinta Wahyu Hati (2017:229). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Usaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Di Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Batam. I S S N : 2 3 0 2 - 7 4 1 X

Fa’izatul Masruroh dalam Amellia (2018:10). Mengembangkan Produk Olahan Berbahan Dasar Ikan Untuk Meningkatkan Kewirausahaan Sekolah

Hutagalung dkk. (2017:336). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science). 2(2): halaman. 70-77. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/ article/view/133. Diakses 27 April 2020

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2024

Cara Mengutip

Andaresta, N., Rahman Putrie, C. A., & Hafifi, H. (2024). Pengaruh Media Game kahoot Terhadap Prestasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Wira Buana. Science and Education Journal, 2(3), 53–62. https://doi.org/10.58290/snej.v2i3.300